Webinar Nasional “INJEKSI COMPUTATIONAL THINKING di Madrasah”

Senin (2/11/2020), Klaten MTsN 1 Klaten seluruh dewan guru di MTsN1 Klaten mengikuti webinar undangan dari Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia. Undangan ini disampaikan melalui Kepala Madrasah Dra. Nurul Qomariyah, M.Pd. .Webinar kali ini berisi tentang pembekalan Injeksi Computational Thingking di Madrasah. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari surat Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor B-2426.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/10/2020 tanggal 27 Oktober 2020 yang pokok suratnya berisi:

“Dalam rangka upaya mengoptimalkan potensi, serta meningkatkan kompetensi dan kualitas siswa madrasah melalui pembekalan Computational Thinking (CT), dengan ini disampaikan bahwa Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan kegiatan seminar online dengan tema: Injeksi Computational Thinking di Madrasah secara Webinar melalui aplikasi Zoom pada Senin, 2 November 2020 pukul 08.30– selesai WIB, Live di youtube IAIN Salatiga Channel.”

Acara webinar kali ini diawali dengan pembukaan oleh Mentri Agama Republik Indonesia Jend. Purn. H. Fachrul Razi, dalam pembukaannya beliau menyampaikan hadist dari Rasulullah SAW. “Didiklah anak-anakmu, karena sesungguhnya ia akan hidup di jaman yang tidak sama dengan jamanmu”. Hal ini dimaksudkan karena tuntutan dunia pendidikan yang semakin mendesak para pendidik untuk terus berinovasi. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Republik Indonesia Prof. Dr. M. Ali Ramdhani, MT. Beliau menyampaikan bahwa “kata kunci untuk mengahadapi revolusi industri 4.0 dan era society 5.0 harus dengan pengembangan sumber daya manusia yang kuat, inovasi untuk madrasah akan dihadirkan Computational Thingking, tujuannya adalah untuk menyiapkan anak-anak madrasah di masa depan agar bisa mengikuti dinamika jamannya”.

Menteri Agama Fachrul Razi membuka webinar
Dirjen Pendis menyampaikan sambutan

Untuk acara inti, untuk moderator webinar kali ini adalah Rini Ferari, yang kemudian pengantar disampaikan oleh Direktur KSKK Madrasah Dr. H. A Umar, MA. Dalam kata pengantarnya beliau menyampaikan, ” kita harus merasa malu karena posisi kita di PISA (Program Of International Student Assessment) tahun 2018 adalah rangking 74 dari 79 negara, dan yang lebih memalukan lagi kita dibawah Vietnam. Oleh karena itu, kawan-kawan warga Madrasah seluruh Indonesia, kita sebagai warga madrasah yang memiliki kadar keimanan yang leboh tinggi, kekuatan iman yang lebih besar posisi kita sebagai negara Indonesia mayoritas muslim yang kaya raya harusnya malu dengan hal ini dan menjadikan semangat untuk memperbaiki diri, dan mulai hari ini kita songsong masa depan Madrasah Hebat Bermartabat kelas dunia dimulai dengan berfikiran solutif dengan Computational Thingking”.

Materi yang pertama disampaikan oleh narasumber profesional webinar pagi ini adalah Dr. Ingriani liem yang merupakan ketua Bebras Indonesia. Beliau merupakan moderator profesional yang menyampaikan materi Computational Thinking untuk seluruh warga madrasah di Indonesia. Dalam tuturannya beliau menyampaikan bahwa “Computational Thingking adalah problem solving yang tepat sasaran, efektif, efisien, dan optimal. Dan didasari oleh 4 hal, yaitu Abstraksi (membuang yang tidak penting), Agoritma (menuliskan langkah dengan jelas), Dekomposisi (melihat sesuatu secara terstruktur), Patern (membentuk pola solusi). Computational Thingking ini perlu untuk semua ilmu, karena Computational Thingking adalah proses berfikir”.

Moderator profesional yang kedua adalah Munajat, Phd. Ketua Biro Bebras IAIN Salatiga. Materi berharap kedepannya anak-anak madrasah bisa meningkatkan nilai-nilai PISA. Beliau jg menjelaskan tentang apa itu Bebras dan pelatihan secara online. Materi yang ketiga adalah “Mengenal Kompetisi Tantangan Bebras Coputational Thingking” oleh Adi Mulyanto salah satu pendiri Bebras Indonesia dan dosen ITB.

Peserta webinar nasional kali ini kurang lebih sepuluh ribu peserta di seluruh Indonesia. Di MTsN 1 Klaten sendiri, webinar ini diikuti secara kolektif di ruang guru oleh seluruh dewan guru. Diharapkan dengan adanya webinar ini para dewan guru di MTsN 1 Klaten bisa terus berinovasi dan solutif demi mempersiapkan anak didik yang Cerdas demi menuju Madrasah Hebat Bermartabat.

#

4 Responses

  1. Kegiatan tersebut bagus dan bermanfaat, semoga dapat dijadikan sbg wawasan para guru untuk berinovasi dalam pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *