Upacara virtual di tengah pandemi.

(Klaten, 1 Oktober 2020) Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati di masa pandemic harus dilaksanakan secara virtual. Dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur upacara virtual bisa diikuti oleh seluruh warga Negara Indonesia melalui saluran Televisi Republik Indonesia dan kanal youtube milik Kementrian Pendidikan dan  Budaya. Meskipun tidak bisa melaksanakan upacara secara langsung, seluruh warga MTsN 1 Klaten mengikuti upacara virtual dengan khusyuk dari kantor, dan dari rumah masing-masing.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebenarnya sangatlah esensial bagi generasi muda khususnya para pelajar. Hal ini dikarenakan dengan adanya Hari Kesaktian Pancasila generasi muda khususnya para pelajar selalu teringat akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di Lubang Buaya pada 30 September 1965. Selain itu, diharapkan agar para generasi muda selalu mengedepankan semangat Pancasila untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya kemajuan bangsa.

Tema upacara peringatan tahun ini adalah “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”, dengan tema tersebut diharapkan kondisi Indonesia khususnya di bidang Pendidikan akan terus maju dan tidak meninggalkan nilai-nilai Pancasila. Di MTsN 1 Klaten hal ini mulai berjalan dengan adanya penanaman nilai-nilai Pancasila melalui pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Sejarah. Hal ini diharapkan agar rasa nasionalime dan rasa cinta tanah air siswa selalu terpupuk.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *