Upacara Hari Amal Bakti Kementrian Agama ke 75

Oleh: M.Viky Kurniawan

Seluruh guru dan karyawan MTs N 1 Klaten

Klaten- Kementerian Agama Republik Indonesia telah berdiri sejak tahun 1946, hingga 75 tahun masa baktinya, Kemenag telah banyak berkembang dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat, tak hanya dalam urusan agama bahkan dalam bidang pendidikan pun Kemenag hadir demi terwujudnya generasi penerus yang berbudi pekerti dan berlandaskan agama.

SEJARAH SINGKAT.
Realitas politik menjelang dan masa awal kemerdekaan menunjukkan bahwa pembentukan Kementerian Agama memerlukan perjuangan tersendiri. Dalam rapat besar (sidang) Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), tanggal 11 Juli 1945 Mr. Muhammad Yamin mengusulkan perlu diadakannya kementerian yang istimewa, yaitu yang berhubungan dengan agama yakni Kementerian Islamiyah yang menurutnya memberi jaminan kepada umat Islam (masjid, langgar, surau, wakaf) yang di tanah Indonesia dapat dilihat dan dirasakan artinya dengan kesungguhan hati. Tetapi usulnya tentang ini tidak begitu mendapat sambutan.

Pengumuman berdirinya Kementerian Agama disiarkan oleh pemerintah melalui siaran Radio Republik Indonesia. Haji Mohammad Rasjidi diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Menteri Agama RI Pertama. H.M. Rasjidi adalah seorang ulama berlatar belakang pendidikan Islam modern dan di kemudian hari dikenal sebagai pemimpin Islam terkemuka dan tokoh Muhammadiyah. Rasjidi saat itu adalah menteri tanpa portfolio dalam Kabinet Sjahrir. Dalam jabatan selaku menteri negara (menggantikan K.H.A.Wahid Hasjim), Rasjidi sudah bertugas mengurus permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan umat Islam.

Kementerian Agama mengambil alih tugas-tugas keagamaan yang semula berada pada beberapa kementerian, yaitu Kementerian Dalam Negeri, yang berkenaan dengan masalah perkawinan, peradilan agama, kemasjidan dan urusan haji; dari Kementerian Kehakiman, yang berkenaan dengan tugas dan wewenang Mahkamah Islam Tinggi; dari Kementerian Pengajaran, Pendidikan dan Kebudayaan, yang berkenaan dengan masalah pengajaran agama di sekolah-sekolah.

Kepala Madrasah Nurul Qomariyah selaku pembina Upacara

Hari Amal Bakti Kementrian Agama diperingati setiap tahunnya pada tanggal 3 Januari. Pada tahun sebelumnya HAB Kemenag di Kabupaten Klaten diperingati dengan upacara serempak kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat. Untuk tahun 2021 peringatan HAB Kemenag dilaksanakan dengan upacara sederhana di tiap satuan kerja.

Pelaksanaan upacara di lingkungan MTs N 1 Klaten

Di MTs N 1 Klaten upacara HAB Kemenag dilaksanakan secara sederhana dan khidmad. Seluruh guru dab karyawan MTs N 1 Klaten mengikuti upacara HAB Kemenag yang dilaksanakan di lapangan upacara. Dengan mengusung semangat “Indonesia Rukun” semoga tahun ini Indonesia semakin Rukun dalam berkehidupan berbangsa.

Jayalah Kementrian Agama. Jayalah MTs N 1 Klaten.

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *