Tips Menghadapi Penilaian Akhir Semester

Oleh: Fanila (Farda Naila)

Uoacara bendera sebelum pandemi

Bulan Desember akan datang, yang berarti dua hal akan segera tiba: Ujian Akhir Semester dan liburan akhir tahun.

Sebelum kamu memanjakan diri dengan waktu liburan, kamu harus menyelesaikan ujianmu sebaik mungkin. Ini semua bukanlah hal baru, tetapi karena pandemi covid mengharuskan kamu belajar dirumah saja dengan sistim online, yang berarti ujiannya akan sedikit berbeda. Belum tentu lebih mudah. Belum tentu lebih sulit. Hanya saja berbeda. 

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya sukses dalam menghadapi Ujian Online.

Suasana di kelas sebelum pandemi
  • Perhatikan Jadwal Ujian

Pernahkah kalian salah jadwal ketika akan menghadapi ujian keesokan harinya? Wah, jangan sampai hal ini terjadi ya. Untuk itu, kalian harus cermat ketika mendapatkan jadwal ujian online dari sekolahan. Kalian harus baca dengan teliti tentang tanggal, durasi waktu dan mata pelajaran apa yg akan diujikan setiap harinya pada jadwal ujian online.

Untuk mempermudah, jangan lupa tempelkan jadwal ujian beserta waktunya di meja belajarmu agar tidak ada lagi alasan konyol tidak mengikuti ujian online karena lupa.

  • Bangun Pagi

Selama belajar dirumah terkadang kita kurang peka terhadap waktu. Bangun pagipun bisa molor karena ujian online tidak mengharuskan kita sampai disekolah tepat waktu seperti biasanya. Meskipun ujiannya online, bukan berarti kalian bisa bangun seenaknya ya, apalagi sudah mepet waktu dimualainya ujian online.

Bangun pagi akan membuat kita fresh.  Sebelum ujian, kalian bisa bersiap-siap terlebih dahulu. Misalnya, kalian bisa mandi, sarapan, dan mengulang materi yg sudah dipelajari tadi malam.

Bayangkan jika kamu bangun kesiangan. Semua jadi serba terburu-buru. Kamu tidak punya waktu untuk sarapan dan siap-siap terlebih dahulu. Akibatnya, kamu jadi susah fokus dan blank ketika mengerjakan ujian.

  • Siapkan perlengkapan ujian

Handphone atau laptop adalah perangkat wajib yang harus dipersiapkan untuk mengerjakan ujian online. Untuk itu, pastikan semua berfungsi dengan baik ya. Termasuk kuota atau akses wifi yang kalian miliki. Perlengkapan lain yang bisa kalian siapkan adalah alat tulis seperti bolpen dan kertas. Siapa tahu ada soal yang butuh corat coret di kertas.

  • Kenali e-learning

Ketika ujian nanti, kalian akan mengerjakan soal online menggunakan aplikasi e-learning. Jadi, kalian harus tau bagaimana cara mengaksesnya dan harus bisa mengenali menu-menu yang ada pada e-learning.

  • Jangan andalkan ‘open book’

Ujian online tidak diawasi langsung oleh bapak/ibu guru, sehingga kamu cenderung mengandalkan open-book atau mencari jawaban dari buku ketika ujian online berlangsung. Eits, ini salah ya, Kalian harus tetap belajar dan memahami materi yg akan diujikan dalam ujian. Dengan begitu kalian akan lebih mudah menjawab soal dan juga efisien dalam menggunakan waktu ujian, karena ujian online akan berpacu dengan waktu. Bisa-bisa, nanti waktu kalian akan habis hanya untuk mencari jawaban dibuku. 

  • Jangan Panik

Jangan panik ketika ujian online nanti kamu menghadapi gangguan teknis. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Kalian harus tetap tenang dan mintalah bantuan kepada walikelas untuk membantumu.

Suasana di kelas sebelum pandemi

Itulah beberapa tips untuk menghadapi ujian online. Selain ikhtiar dengan tips yang sudah dibagikan, kalian juga harus imbangi dengan berdo’a. Mintalah kepada Allah supaya kalian diberikan kemudahan dan kesuksesan dalam mengerjakan ujian online. Jangan lupa minta doa dari orang tua kalian juga sebelum mengerjakan ujian online ya. Semoga tips ini bermanfaat dan ujian online kalian berjalan dengan lancar.

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *