Santrikah Aku??

Lomba Dakwah/Kultum dalam rangka Hari santri 2019

Mendengar kata ‘Santri’, yang terlintas di dalam pikiran pastinya seseorang yang mengenakan sarung, peci dan tinggal di pesantren. Santri juga sering digambarkan sebagai orang yang sangat dekat dengan ilmu agama.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia santri artinya orang yang sedang menuntut ilmu agama islam. Sedangkan di dalam Wikipedia dijelaskan bahwa santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai. Menurut bahasa, istilah santri berasal dari bahasa Sanskerta, “shastri” yang memiliki akar kata yang sama dengan kata sastra yang berarti kitab suci, agama dan pengetahuan. Ada pula yang mengatakan berasal dari kata cantrik yang berarti para pembantu begawan atau resi.[butuh rujukan] Seorang cantrik diberi upah berupa ilmu pengetahuan oleh begawan atau resi tersebut.

Menurut KH Mustofa Bisri (Gus Mus) Santri adalah murid kiai yang dididik dengan kasih sayang untuk menjadi mukmin yang kuat (yang tidak goyah imannya oleh pergaulan, kepentingan, dan adanya perbedaan). Dijelaskan juga Santri adalah kelompok yang mencintai negaranya, sekaligus menghormati guru dan orang tuanya kendati keduanya telah tiada. Santri adalah yang mencintai tanah airnya (tempat dia dilahirkan, menghirup udaranya, dan bersujud di atasnya) dan menghargai tradisi-budaya-nya.  Seorang santri adalah kelompok orang yang memiliki kasih sayang pada sesama manusia dan pandai bersyukur. Menurut KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym santri adalah pribadi tulus dan tawadhu, yang tak mengenal lelah dan henti untuk belajar dan berlatih. Hingga menjadi cahaya dan bukti indahnya Islam Rahmatan Lil ‘alamiin,”

Dari uraian di atas terjawablah pertanyaan santrikah aku…?, Ya… aku .. kamu.. dan kita warga Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Klaten adalah SANTRI, Karena kita selalu berusaha untuk  “mewujudkan generasi yang berakhlaqul karimah, cerdas, terampil, dan berprestasi.” Melalui usaha belajar tiada henti baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan yang akan mengantarkan kita semua bahagia di dunia dan di akhirat.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka akan Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.”

“SELAMAT HARI SANTRI”

ABD.

6 Responses

  1. Selamat hari santrii untuk mts n 1 klayen tercinta ,,dan untuk teman teman,,,, semoga semua jd orang yang sukses dan mts n 1 klaten menjadi sekolah yang hebat,,,,semoga sekolah segera masuk seperti biasa karna saya rindu aekolah rindu duduk di kelas rindu guru walupun kdng bikin buguru marah hehe,,, semoga cpr masuk dan semoga covid segera hilang aminnnn,, biar bisa masum seperti biasa jajan di skeolah dan ga ada tugas daring lagi,,, aminnnnn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *