PEMUDA HARAPAN


Siapakah Pemuda itu.?
Ada yang mengatakan Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang Mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. Sedangkan pendapat lain mengatakan, pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis, sampai-sampai Bung Karno mengatakan, “Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”
Menurut UU RI no. 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, Pemuda merupakan generasi muda yang sangat berpengaruh untuk proses pembangunan bangsa Indonesia. Pemuda selalu menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa yang dapat merubah pandangan orang dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan ide – ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Siapa Pemuda Harapan Itu…?
Pemuda harapan adalah pemuda yang mengidolakan Rasulullah Muhammad SAW. Ia akan menerapkan Akhlaq Rasulullah dalam Kehidupan sehari-hari. Bertutur kata yang baik, berperilaku yang baik, dan yang pasti mempunyai keimanan yang kuat sekuat keimanannya para pemuda Ashaabul Kahfi, yaitu tujuh pemuda yang tertidur di dalam gua selama 309 tahun. Di mana mereka bersembunyi di dalam gua untuk melarikan diri dari kekejaman Raja Decyanus untuk mempertahankan keimanannya dan kisah tersebut diabadikan dalam Al Quran surat Al Kahfi ayat 9-26.
Pemuda harapan adalah pemuda yang berani mengatakan, “inilah aku” sebagaimana yang dikatakan oleh sahabat Rasulullah, Ali Bin Abi Thalib ra.:
لَيْسَ الْفَتىَ مَنْ يَقُوْلُ كَانَ أَبِيْ، وَلـٰكِنَّ الْفَتىَ مَنْ يَقُوْلُ هٰـأَنَاذَا
Bukanlah pemuda yang mengatakan inilah (prestasi) bapakku, akan tetapi, pemuda adalah orang yang mengatakan inilah (pretasi) aku
Ada beberapa karakter yang harus dibangun untuk menjadi Pemuda Harapan, yaitu:

Pemuda itu mempunyai semangat belajar yang tinggi.
Fitrah manusia adalah terlahir cerdas. Ingat kisah Adam AS. Ketika Allah berkata akan menciptakan seorang khalifah di muka bumi, Malaikat menyangsikan. Tapi Allah tunjukkan kepada para Malaikat bahwa Adam lebih banyak mengetahui nama-nama benda. Sejatinya, siapapun tidak tahu apa-apa, maka untuk mengetahuinya ia mencari tahu dengan belajar, dan setelah ia tahu maka akan tumbuh perasaan bahwa selama ini pengetahuannya sangat sedikit. Maka ia terus belajar untuk memenuhi keingintahuannya itu.

Pemuda itu selalu optimis, bekerja dan berfikir keras untuk mewujudkan mimpi besarnya.
Dikatakan dalam sebuah syair yang indah, termaktub dalam kitab “Ta‘lîm al-Muta‘allim” :
فَكَمْ عَبْـدٍ يَقُوْمُ مَقَـامَ حُرٍّ * وَكَمْ حُرٍّ يَقُوْمُ مَقَـامَ عَبْـدٍ
Betapa banyak anak orang biasa menjadi mulia (karena ketekunannya # Namun, banyak juga anak orang mulia menjadi hina (karena kemalasannya)

Pemuda itu selalu kreatif dan memiliki inovasi
Seperti Thomas Alva Edison yang ribuan kali melakukan percobaan untuk penemuan lampu pijarnya berkata: Aku tidak pernah gagal, aku hanya menemukan 10.000 cara yang salah. Begitulah karakter pemuda, siap menerima penolakan, siap dikritik dan menerima masukan. Lalu belajar dari kesalahan sebelumnya agar tidak jatuh ke lubang yang sama.

Pemuda itu selalu bertumpu kepada kepercayaan diri sendiri
Seperti perkataan Sahabat Ali Bin Abi Thalib RA. : Sesungguhnya pemuda itu ialah yang berani berkata ‘inilah diriku’, dan bukanlah pemuda itu yang berkata ‘inilah ayahku’.

SELAMAT MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA YANG KE-92
28 Oktober 2020
Di sadur dari berbagai sumber
ABD.

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *