NABI MUHAMMAD SAW, DIUTUS UNTUK MENYEMPURNAKAN AKHLAQ YANG MULIA…


Sahabat matsaka yang berbahagia…, lebih penting mana antara adab dan ilmu..?
Berkata Syekh Abdul Qadir Al Jailani: “aku lebih menghargai orang beradab dari pada orang berilmu. Jika hanya ilmu, iblis jauh lebih berilmu dari manusia”
Untuk mendidik umat manusia agar beradab atau Berakhlaq Mulia, sekira 14 abad yang lalu Allah SWT. Telah mengutus seorang Rasul yaitu Muhammad SAW. Ia lahir di kota Makkah pada hari senin, 12 Rabiul Awwal tahun gajah atau tepatnya tahun 570 M. Beliau adalah putra dari seorang ayah yang bernama Abdullah bin Abdul Muththalib dan Ibundanya bernama Siti Aminah.
Nabi Muhammad SAW. Adalah sosok manusia yang sempurna. Terkumpul padanya semua sifat mulia.
Allah Ta’ala berfirman,
وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
“Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung” (Al-Qolam: 4).
Ketika Hisyam bin Amir bertanya kepada Istri beliau Aisyah RA tentang akhlak Rasulullah SAW. Aisyah menjawab,
كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ
“Akhlak Nabi SAW adalah Alquran” (HR Muslim).
Sangat tepat jika Allah Mengutus Muhammad SAW. Adalah untuk mendidik umat manusia agar berakhlaq mulia, sebagaimana Rasulullah SAW. telah Bersabda:
إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ
Artinya: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.” (HR Al-Baihaqi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Sahabat matsaka yang dirahmati Allah… Agama Islam melalui Rasul Muhammad SAW. telah mengajarkan adab atau dengan kata lain akhlaq mulia kepada umatnya disegala bidang kehidupan. Alangkah baiknya ketika kita menuntut ilmu pun kita landasi dengan adab atau akhlak yang baik. Dengan demikian ilmu yang kita dapati akan lebih bermanfaat di dunia dan di akhirat.
Sahabat Matsaka,.. Janganlah kita salah mengambil idola dalam hidup ini. Nabi Muhammad lah sosok yang pling tepat untuk kita idolakan. Sosok yang sangat sempurna, begitu mulya akhlaqnya, sosok yang bisa mengantarkan kita ke jalan (Agama) yang benar, dan beliaulah yang kelak akan memberi syafaat ketika di Yaumul Akhir…
Sebagai penutup marilah kita lantunkan shalawat untuk Rasulullah SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad 2019

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Artinya: ” Ya Allah SWT, kirimlah sholawat pada Muhammad dan keluarganya seperti Engkau mengirim sholawat pada keluarga Ibrahim, dan kirimlah berkah pada Muhammad dan keluarganya seperti engkau mengirim berkah pada keluarga Ibrahim di antara yang lain. Ya Allah segala puji sesungguhnya hanya milik Engkau, Tuhanku yang Maha Mulia.” (HR An-Nasa’i).
Allahu A’lam.
Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 12 Rabiul Awwal 1442 H.
ABD.

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *