DIVERSIFIKASI KEUNGGULAN MADRASAH

Madrasah hebat adalah madrasah yang dapat mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal dan mencapai puncak prestasi madrasah dengan cara yang baik (bermartabat), demikian dikatakan Ahmad Umar (Direktur KSKK Madrasah) dalam Zoom Meeting bersama guru-guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist tingkat MTs se-Kabupaten Klaten. 

Madrasah hebat mempunyai guru-guru yang siap mendampingi siswa secara TOTALITAS dalam pembelajaran. Madrasah meminimalisir beban guru yang cenderung administatif, agar guru bisa fokus dalam pembelajaran. Untuk memberi kesempatan madrasah berinovasi dan berkreasi, Kementerian Agama RI telah menetapkan regulasi tentang Kurikulum Madrasah; KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Pedoman Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah dan, KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. Kementerian Agama mengembangkan Diversifikasi Keunggulan Madrasah dalam bentuk; Madrasah Akademik, Madrasah Program Keagamaan, Madrasah Plus Keterampilan, dan Madrasah Riset. 

Madrasah Akademik adalah prototipe madrasah yang mengembangkan keunggulan  kompetitif di bidang  akademik, sains dan teknologi. 

Madrasah Program Keagamaan adalah prototipe madrasah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keahlian kajian keagamaan islam (tafaqquh fiddin). 

Madrasah Plus Keterampilan adalah prototipe madrasah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keterampilan tertentu. 

Madrasah Riset adalah madrasah yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang riset atau penelitian ilmiah.

Madrasah dapat mengelompokkan siswa dalam pembelajaran berdasarkan bakat dan minatnya, misalnya: Kelas Riset, Kelas Sains, Kelas Robotik, Kelas Bahasa Asing, Kelas Tahfidz, Kelas Olahraga, Kelas Seni, dll.

Penulis : Muhammad Amirudin

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *