Kompetisi Sains Madrasah 2020, Bersaing ditengah pandemi

Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah kompetisi tahunan bidang sains untuk pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA yang sebelumnya dinamakan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Menurut ksn-puspresnas.id, perubahan nama ini terjadi di tahun 2020 setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang membawahi semua pelaksanaan lomba, kompetensi, dan festival di Indonesia.

Kompetensi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di MTs N 1 Klaten, ada tiga siswa yang mengikuti ajang bergengsi ini, yaitu Ananda Farrah Iffa Mazida untuk  mata pelajaran IPA, Fadhilan Sirotimmustakim untuk mata pelajaran IPS, dan Raditya Fachri Ramadhan untuk mata pelajaran Matematika. Ketiga anak tersebut telah mengikuti pelatihan dan bimbingan khusus dari para guru pembimbing terpilih selama berbulan-bulan.

Pelaksanaan KSN dilaksanakan dari harui Rabu, 14 Oktober hingga hari Jum’at 16 Oktober 2020. Jadwal kompetisi dimulai dari mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bahwa KSN tahun ini dilaksanakan secara Online. Kompetisi kali ini dilakukan jarak jauh melalui website Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud RI.

Semoga dengan terlaksananya KSN online tahun ini perwakilan siswa dari MTs N 1 Klaten mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

_FNL_

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *