Juara 1 Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2020

Pengumuman Pemenang Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkah Nasional 2020

Klaten, 22/10/2020 – MTs N 1 Klaten mendapat suatu keberkahan yang luar biasa, dengan ditetapkannya MTs N 1 Klaten sebagai penerima penghargaan Wajah Bahasa Sekolah tahun 2020 oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Nasional. Kabar baik ini menjadi angin segar ditengah hiruk pikuk dunia Pendidikan Indonesia yang semakin sulit di tengah wabah pandemic Covid-19 ini. Kamis siang, tepatnya 22 Oktober 2020, Kepala Madrasah Tsanawiyah 1 Klaten Ibu Nurul Qomariyah mendapatkan kabar dari Balai Bahasa provinsi Jawa Tengah, bahwa MTs N 1 Klaten ditetapkan sebagai juara 1 tingkat Nasional Penerima Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah tahun 2020.

Penilaian secara faktual oleh tim verifikasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Rangkaian acara dari Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah tahun 2020 sendiri sudah dilaksanakan sejak  1 Juni 2020. Dalam pendaftaran awal Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah tahun 2020, MTsN 1 Klaten mulai mengirimkan beberapa objek foto untuk Mengikuti verivikasi awal tingkat provinsi. Sejak awal diumumkannya Penilaian Wajah Bahasa Sekolah oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, MTsN 1 Klaten sudah sangat antusias membenahi diri dan bersiap untuk mengikuti perlombaan.  Penilaian untuk lomba Wajah Bahasa Sekolah sendiri terdiri dari 2 verifikasi penilaian. Penilaian tahap I yang dilaksanakan 7-8 Juli 2020 merupakan penilaian dan verifikasi melalui foto objek yang sudah ditentukan kriterianya. Untuk penilaian tahap II yaitu verifikasi secara faktual dilaksanakan 17 Juli 2020, hingga pada 21 Juli 2020 MTsN 1 Klaten ditetapkan sebagai peringkat 4 Penilaian Wajah Bahasa Sekolah tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Berita baik ini, disambut dengan syukur dan semangat oleh seluruh warga MTsN 1 Klaten. Dengan terpilihnya MTsN 1 Klaten sebagai peringkat 4 Penilaian Wajah Bhasa Sekolah tingkat Provinsi Jawa Tengah, itu berarti MTsn 1 Klaten harus bersiap lagi untuk mengikuti Penilaian Wajah Bahasa Sekolah ditingkat Nasional. Sungguh, prestasi ini suatu hal yang membanggakan sekaligus beban bagi MTsN 1 Klaten. Hal ini dikarenakan mewakili suatu provinsi dalam ajang Nasional berarti harus berhadapan dengan sekolah-sekolah lain yang tak kalah hebatnya dalam pemeliharaan dan pengutamaan penggunaan Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah. Satu hal yang menjadikan rasa bangga dan juga beban adalah fakta dimana MTs Negeri 1 Klaten menjadi satu-satunya Madrasah di antara Sekolah Menengah Pertama lain yang mewakili berbagai provinsi di Indonesia.

Persiapan demi persiapan dilakukan secara mendetail dan matang di bawah kepemimpinan Kepala Madrasah, Nurul Qomariyah. Penataan serta pembenahan semua tulisan di lingkungan MTsN 1 Klaten dilakukan secara teliti disesuaikan dengan Kaidah Bahasa Indonesia yang benar. Pembenahan secara menyeluruh yang dipimpin oleh Ibu Kepala Madrasah dibantu oleh tim khusus yang dibentuk untuk tercapainya tujuan akhir. Tim ini terdiri dari guru Profesional Bahasa Indonesia dan beberapa guru lain yang berkompeten. Tim bekerja sangat keras tak mengenal waktu untuk menghadapi verifikasi nasional yang dilaksanakan pada 16 September 2020.

Dengan kerja keras dan semangat pantang lelah dari tim dan kerjasama dari seluruh warga MTsN 1 Klaten penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Verifikasi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa berjalan dengan lancar. Tim Verifikasi yang diwakili oleh bapak Sutedjo dan bapak Hidayat, menyampaikan bahwa Penilaian Lomba Wajah Bahasa ini dilaksanakan untuk menyambut Bulan Bahasa Nasional yang dilatarbelakangi oleh peristiwa Sumpah Pemuda.

Tim Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Besar harapan dan amanah yang dipikul oleh MTsN 1 Klaten dalam hal ini, Nurul Qomariyah menyatakan “Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya untuk memupuk kesadaran akan keutamaan Berbahasa Indonesia yang benar di lingkungan sekolah. Harapannya kedepan, MTsN 1 Klaten siap menjadi Madrasah Duta Bahasa dan menjadi Madrasah percontohan dalam keutamaan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar,” tuturnya.

_FNL_

#

One response

  1. Alhamdulillah… benar2 menjadi berkah untuk MTsN 1 Klaten. Semoga tetap berpretasi di segala bidang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *