Hari Santri Nasional 2020

Selamat Hari Santri Nasional 2020

Mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

Hari Santri Nasional (HSN) yang ditetapkan tahun 2015 lalu oleh Presiden Joko Widodo erat hubungannya dengan kemerdekaan Indonesia. Setelah proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945 lalu, tepatnya 22 Oktober 1945, KH. Hasyim Asy’ari menyerukan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri.

Peringatan Hari Santri Nasional biasa dilaksanakan Kementrian Agama Republik Indonesia secara meriah dan meriah. Di lingkungan Kementrian Agama Kabupaten Klaten sendiri biasanya dilaksanakan Upacara Hari Santri Nasional di Alun-alun. Begitu pula di MTsN 1 Klaten, para Guru, Karyawan, dan seluruh siswa mengikuti upacara bendera di Alun-alun. Namun, karena situasi tahun ini yang berbeda dari biasanya, dikarenakan pandemic global Peringatan Hari Santri Nasional dilaksanakan secara sederhana.

Persiapan Apel Pagi Peringatan Hari Santri 2020

Di MTs N 1 Klaten, upacara bendera diganti dengan Apel pagi bersama. Apel pagi tersebut hanya diikuti oleh dewan Guru dan seluruh Karyawan MTs N 1 Klaten. Dalam apel tersebut Ibu Kepala Madrasah, Nurul Qomariyah menyampaikan amanat dari Mentri Agama Republik Indonesia, Bapak Fahrul Rozi. Dalam amanatnya beliau menyampaikan tema peringatan Hari Santri Nasional tahun ini adalah “Santri Sehat, Indonesia Kuat”, dengan harapan agar pandemi ini segera berlalu dan santriwan santriwati bisa kembali menimba ilmu di Madrasah maupun Pesantren.

_FNL_

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *