Hari Kebangkitan Nasional, “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!

Hari Kebangkitan Nasional 2021

Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Tahun ini, Hari Kebangkitan Nasional 2021 jatuh pada hari Kamis.
Harkitnas 2021 ditetapkan berdasarkan hari berdirinya Boedi Oetomo (B0) pada 20 Mei 1908. Budi Utomo adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan, tetapi tidak bersifat politik.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menuliskan, perjuangan yang selama ini bersifat kedaerahan berubah menjadi bersifat nasional dengan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Penetapan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal rasa harga diri dan kebanggaan nasional, dan mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan nasional.

Tema Harkitnas 20 Mei 2021 adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. Hal ini dikarenakan meskipun bangsa ini masih dalam kondisi pandemi covid 19, tapi optimisme harus terus dipupuk karena kita mampu untuk “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

Di MTs N 1 Klaten, peringatan Hari Kebangkitan Nasional bersamaan dengan pelaksanaan Halal Bihalal. Momen ini justru menjadi momen musahabah diri seluruh warga MTs N 1 Klaten agar kedepannya kita lebih memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari Pandemi Covid-19.

Hari Kebangkitan Nasional, juga mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan mana pun.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *