Hari Guru Nasional 2020

HARI GURU NASIONAL 202O “BAKTI GURU LINDUNGI NEGERI”

Klaten (MTsN 1 Klaten 25/11/2020) Selain Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud), Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia yang di dalamnya juga menaungi program pendidikan berbasis agama, ikut menyemarakkan peringatan Hari Guru Nasional 2020 dengan mengusung tema “Bakti Guru Lindungi Negeri”. Sama seperti Kemdikbud, Kemenag juga merilis logo Hari Guru Nasional untuk tahun 2020.

Di beberapa bagian logo yang telah dirilis, terkandung filosofi-filosofi. Di antaranya yaitu perumpamaan dua tangan saling bergandengan, tanda plus dan penerapan warna kuning serta merah pada logo. Untuk perumpamaan dua tangan bergandengan dimaksudkan para guru diharapkan menjadi penopang pelindung dengan saling berkontribusi bersama sesuai dengan tugas di lini masing-masing.

Sedangkan untuk tanda plus dimaknai dengan perlindungan kesehatan, peletakan di tengah dimaksudkan akan keseriusan guru dalam memperhatikan perihal kesehatan serta menjaga agar terhindar dari pandemi meskipun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih berlanjut.


Hari-hari ini rasanya tugas menjadi guru bukan lagi hanya mencerdaskan bangsa saja. Di masa pandemi seperti sekarang, tugas baru kian nyata adanya. Dengan mengusung semangat ‘Bakti Guru Lindungi Negeri’ dan ‘Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar’ para guru percaya apa yang bisa dilakukan pada masa sekarang ini salah satunya adalah untuk melindungi anak-anak bangsa.

Pelaksanaan Upacara Virtual di MTs N 1 Klaten

Di MTsN 1 Klaten sendiri peringatan hari guru dilakukan dengan mengadakan upacara virtual melalui zoom yang terhubung langsung dengan Kementrian Agama dan dipimpin oleh Menteri Agama Fachrul Rozi. Meskipun dilaksanakan dengan sederhana peringatan hari guru kali ini justru lebih khidmad rasanya, karena dengan kondisi pendidikan Indonesia, para guru di MTs N 1 Klaten masih tetap semangat dan selalu berusaha berkontribusi aktif untuk memajukan pendidikan Indonesia. Selamat Hari Guru Nasional. Bakti Guru Lindungi Negeri.

Peringatan Hari Guru Nasional 2020.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *