Menjaga Imunitas Tubuh dengan Berolahraga

Aktifitas fisik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus COVID-19 ini. Pasalnya, menurut hasil penelitian, orang yang rutin berolahraga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Hal ini disebabkan karena ketika anda berolahraga, kinerja sel darah putih akan terangsang. Sel darah putih ini yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk kedalam tubuh. Olahraga dipercaya dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena gejala flu dan penyakit lainnya. Ketika olahraga, suhu tubuh juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh, dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, dengan aktif berolahraga juga dapat mengurangi hormon stress di tubuh dan memperbanyak hormone endorfin yang berguna untuk sebagai obat penghilang sakit alami dan penyenang suasana hati (hormon bahagia).

Maraknya penyebaran virus COVID-19 ini berdampak terhadap banyaknya pusat kebugaran yang tidak beroperasi. Banyak sekali yang bertanya, bagaimana tetap berolahraga jika hanya dengan dirumah? Olahraga dapat dilakukan dengan homeworkout. Tidak memerlukan alat-alat yang terlalu berlebihan, dan dapat diakses dengan mudah secara online.

Salah satu olahraga sederhana yang dapat anda lakukan adalah kardio, tidak hanya untuk memperkuat jantung anda, kardio seperti bersepeda statis, melakukan jumping-jack, high knees, burpees, switch jumps, senam aerobik dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas anda.

_Fillial Wonosari_

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *