Fakta dan mitos tentang puasa, buat anak muda wajib baca!

Klaten – Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, Alhamdulillah Ramadhan 1442 Hijriyah masih bias kita jalani dan rayakan, walau di tahun ini suasananya masih sama seperti Ramadhan tahun lalu, yaps, kita masih berkutat dengan pandemic Covid-19. Meskipun demikian, kita masih harus selalu bersyukur, karena banyak diantara kita yang tidak dapat menikmati puasa ramadhan, bisa jadi karena sakit, atau bahkan karena sudah waktunya untuk kembali pulang ke rahmatullah.
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mewajibkan seluruh orang-orang yang beriman di muka bumi untuk menjalankan puasa. Puasa diantaranya bertujuan untuk melatih agar menahan hawa nafsu, diantaranya dengan menahan makan dan minum setelah subuh hingga adzan magrib berkumandang. Menariknya, terdapat beberapa mitos dan fakta yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat ketika menjalankan puasa di Bulan Ramadhan. Bahkan, beberapa dinilai berdampak kepada kesehatan individu ketika menjalankan puasa.
lalu mitos dan fakta apa saja yang biasa dipercayai oleh masyarakat kita ya? Mari kita simak.
Olahraga saat puasa bisa membuat badanmu lemas?
Bila selama puasa kita hanya berdiam diri, kadar gula darah akan cepat turun karena sel di dalam tubuh tidak melakukan aktifitas. Asupan oksigen ke dalam darah juga menurun, akibatnya, anda pun justru akan merasa semakin lemas jika tidak melakukan apa-apa saat berpuasa.
Karena itu, disarankan untuk tetap melakukan olahraga saat berpuasa, tapi olahraga yang ringan aja ya, misalnya jogging, jalan santai, atau Yoga. Hindari untuk berolahraga berat yang bisa memicu dehidrasi di siang hari, bisa-bisa malah bisa memicu anda untuk nyruput esteh di angkringan depan MTs.
Berbuka dengan Minuman dingin, lebih segar?
Nah yang ini pasti banyak dari kalian yang biasa melakukannya kan? Setelah seharian menahan dahaga, memang paling nikmat meneguk es atau minuman dingin ketika berbuka. Namun ternyata, hal ini tidak disarankan karena suhu tubuh selama berpuasa cenderung naik, jadi bila diberi air dingin, tubuh malah kaget dan bisa berbahaya bagi kesehatan. Dianjurkan agar meminum air putih hangat saat berbuka, karena bisa langsung diserap oleh sel tubuh.

Berbukalah dengan yang manis?
Kalau yang ini, pasti sudah banyak yang tahu kan? Karena menjadi tagline sebuah produk minuman kemasan. (Bukan hadist nabi yaaak, ingat!!!). Tapi ada juga hadist yang menganjurkan makan makanan manis saat berbuka, yaitu dengan kurma.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ
“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air” (HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud).

Nah sekarang tahu kan? Bukan berbuka dengan yang manis aja, karena bisa membuat pencernaanmu kaget karena langsung dihantam dengan minuman manis semisal cendol dawet, kolak pisang, atau bahkan es janji mantan (biasanya manis manis tuh). Canda mantan. 😀

Tidur saat puasa adalah ibadah yang dianjurkan.
Kalau yang satu ini kadang dijadiin senjata para anak anak muda untuk mencari keuntungan pribadi, yak benar, tidurnya orang berpuasa termasuk hal yang berpahala, karena dengan tidur akan mengurangi aktifitas yang memungkinkan bisa jadi penyebab batalnya puasa.

Namun bukan berarti bisa jadi alasan untuk tidur seharian dong. Bukannya dapat pahala, malah dapat dosa karena berpotensi menyebabkan kita tertinggal untuk melakukan ibadah wajib (sholat fardhu) dan bekerja/belajar, bahkan bisa membuat kita terlewat untuk mencari pahala pahala lain yang lebih baik lagi, misal ikut Kajian rutin menjelang Berbuka, atau Taddarus Alquran selama Ramadhan.

Langsung tidur saat sahur membuat kenyang lebih awet?
Untuk yang satu ini sudah pasti masuk kategori dilarang ya kawan kawan. Karena bisa menyebabkan asam lambungmu naik, sebaiknya tunggu dulu hingga subuh datang, sholat subuh dulu dan taddarus sebentar hingga matahari terbit, baru deh berangkat kerja dan beraktifitas.

Lalu tidurnya kapan? Nanti tunggu agak siang , hehehehee.

Itu tadi beberapa mitos dan fakta seputar puasa, semoga puasa kali ini menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik lagi, dan menambah kadar keimanan dan keikhlasan kita sebagai Makhluk.

Jadi siap untuk berpuasa besok pagi?

Selamat Menunaikan Ibadah puasa Ramadhan 1442 Hijriyah.

Berikut ada jadwal imsakiyah Ramadhan juga . silahkan di simak.

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *