Dirgahayu Hari Amal Bakti Ke-75 Kementrian Agama RI “INDONESIA RUKUN”

oleh: Milha Fitri Hawa

Hari Amal Bakti Kementrian Agama 2021

Indonesia merupakan negara majemuk yang memiliki ragam budaya dan agama. Agama yang diakui di Indonesia ada 6, yakni Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghuchu. Keenam agama ini ternaung dalam Kementerian Agama. Kementerian Agama sendiri berdiri pada tanggal 03 Januari 1946. Tanggal berdirinya Kementerian Agama diperingati sebagai Hari Amal Bakti.

Tahun ini Kementerian Agama genap berusia 75 tahun. Upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke-75 ini akan dilaksanakan serentak pada hari Selasa tanggal 05 Januari 2021 di seluruh satuan kerja yang ada di bawah naungan Kementerian Agama termasuk MTs Negeri 1 Klaten. Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya selain melaksanakan upacara bendera, pada perayaan HAB Kemenag juga diadakan berbagai macam lomba antar satuan kerja. Namun dengan adanya wabah COVID-19 segala jenis perlombaan ditiadakan, hanya akan dilaksanakan upacara bendera dengan mematuhi protokoler kesehatan.

Dihari Amal Bakti Kementerian Agama ke-75 ini, mengusung tema “Indonesia Rukun”. Keberagaman tradisi, budaya, dan agama yang ada di Indonesia ini hendaknya dapat menjadikan kekuatan  bangsa. Sebagai ASN di bawah naungan Kementerian Agama hendaknya kita bisa menjadi agen perubahan dan agen perdamaian dalam memperkuat kerukunan umat beragama., dan dapat menjadi pribadi yang memiliki andil untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, yang tidak tertinggal dengan negara lain. Jika setiap insan beragama bersedia menjaga kerukunan, tentu tidak akan terjadi lagi perselihan yang berlandaskan agama.

Selamat Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-75, Indonesia Rukun.

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *